Monday, August 22, 2016

SISTEM E-COMMERCE DAN E-BUSINESS

  1 comment
                           
DEFINISI
• e-business
– penggunaan TI khususnya teknologi jaringan dan komunikasi untuk meningkatkan cara organisasi melakukan seluruh proses bisnisnya/proses internalnya.
– merupakan interaksi bisnis dengan eksternal organisasi dengan memanfaatkan teknologi TI
• e-commerce
– merujuk pada pelaksanaan transaksi bisnis seperti pembelian dan penjualan secara elektronik
E-Commerce Application
• ERP (Enterprise Resource Planning)
Sistem informasi pendukung e-business, yang menyediakan berbagai macam kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis
• CRM (Customer Relationship management)
Sistem kustomisasi real time yang memanajemen
kustomer dan melakukan personalisasi produk dan
servis berdasarkan keinginan kustomer
• EAI (Enterprise Application Integration)
Merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan memperbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message.
• SCM (Supply Chain Management)
Manajemen rantai supply secara otomatis terkomputerisasi.
Customer service step
• Requirement: mengetahui kebutuhan customer.
• Acquisition: membantu customer memilih produk, termasuk order online, nego, dan delivery.
• Ownership: support kepemilikan produk dari customer, dengan forum, FAQ, renewal, mailing list.
• Retirement: support tentang layanan purna jual, online resale.

Kemampuan E-Commerce
• OTOMATISASI, proses otomatisasi yang menggantikan proses
manual.(“enerprise resource planning” concept)
• INTEGRASI, proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan
efisiensi dan efektivitas proses. (“just in time” concept)
• PUBLIKASI, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan secara elektronik. (“electronic cataloging” concept)
• INTERAKSI, pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error” (“electronic data interchange/EDI” concept)
• TRANSAKSI, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lainnya (pihak ketiga) sebagai pihak yang menangani pembayaran (“electronic payment” concept)

Manfaat E-Commerce
• Mengurangi Biaya Operasional karena informasi
distribusi produk dapat didigitalkan sehingga
berakibat:
– Pelacakan status produksi dan distribusi sangat
mudah dan berkelanjutan
– Outbound logistics bisa dilaksanakan
– Mengurangi inventory buffers
– Distribusi produk akan lebih cepat dan lebih akurat
– Aktivitas Inbound logistics dapat ditingkatkan
• Meningkatkan efisiensi operasi internal
• Meningkatkan efisiensi Penjualan danPemasaran
• Meningkatkan Revenue stream baru (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
• Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
• Memperpendek waktu product cycle
• Meningkatkan customer loyality
• Meningkatkan Value Chain
• Mendukung ketersediaan layanan 24 jam
• Meningkatkan pelayanan kpd pelanggan dan dukungan
    purnajual
• Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas SDM

Hambatan / Tantangan
• Infrastruktur telekomunikasi yang masih terbatas dan mahal
• Delivery channel
– Pengiriman barang masih ditakutkan hilang di jalan.
– Ketepatan waktu dalam pengiriman barang
– Jangkauan daerah pengiriman barang
• Kultur dan Kepercayaan (trust)
• Security
• Munculnya jenis kejahatan baru
– Penggunaan kartu kredit curian / palsu
– Penipuan melalui SMS, kuis
• Ketidakjelasan hukum
– Digital signature
– Uang digital / cybermoney
– Status hukum

Faktor Keberhasilan E-Business
Kemampuan untuk menjamin bahwa e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun.
– Validity (Validitas)
Kedua pihak dalam transaksi harus dapat menyatakan keaslian
identitas keduanya untuk memastikan bahwa transaksi tersebut
valid dan sah
– Integrity (Integritas)
Kedua pihak harus yakin bahwa informasi yang dipertukarkan
akurat, dan tidak dapat diubah selama proses transaksi
– Privacy (Privasi)
Kerahasiaan transaksi bisnis dan informasi apapun yang
dipertukarkan harus disimpan dengan baik

Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan E-Business
• Tidak ada komitmen yang utuh dari manajemen puncak.
• Penerapan e-business tidak diikuti proses change management.
• Tidak profesionalnya vendor teknologi informasi yang menjadi mitra bisnis
• Buruknya infrastruktur komunikasi
• Tidak selarasnya strategi TI dengan strategiperusahaan.
• Adanya masalah keamanan dalam bertransaksi
• Kurangnya dukungan finansial
• Belum adanya peraturan yang mendukung dan melindungi pihak-pihak yang bertransaksi (cyberlaw)
• Menggunakan target jangka pendek sebagai pijakan
 investasi e-business.

Kiat Membangun E-Business
• Membenahi terlebih dahulu sistem pengelolaan sumber daya perusahaan secara terpadu.
• Membuat perencanaan investasi teknologi secara mendetail dan komprehensif.
• Menentukan arah investasi teknologi untuk menjawab kebutuhan jangka panjang.
• Membentuk struktur organisasi yang fleksibel dan adaptif terhadap perubahan.
• Melakukan kerjasama kondusif dengan berbagai mitra bisnis (vendor, pemasok barang, lembaga keuangan, dan lain sebagainya).

Jenis Transaksi E-Commerce
1. Bisnis ke Bisnis (business to business  B2B).
e-commerce yang penjual dan pembelianya adalah organisasi/perusahaan.
2. Perdaganganya Kolaboratif (collaborative commerce  c-commerce).
e-commerce  diamana para mitra bisnis berkaborasi secara elektronik.
3. Bisnis ke Konsumen (business to consumers B2C)
e-commerce yang penjualnya adalah perusahaan, dan pembelianya adalah perorangan juga disebut sebagai e-tailing.
4. Konsumen ke Konsumen (consumer to consumer C2C)
e-commerce dimana seseorang menjual produk atau jasa ke orang lain.
5. Konsumen ke Bisnis ( consumer to business – C2B)
E-Commerce dimana pelanggan memberitahukan kebutuhan atas suatu produk atau jasa tertentu, dan para pemasok bersaing ntuk 6. menyediakan produk atau jasa ke pelanggan.
7. Perdagangan Intrabisnis (intraorganisasional)
E-Commerce dimana perusahaan mengunakan EC secara internal untuk memperbaiki oprasional.
8. Pemerintah ke Warga (Government to citizen G2C)
E-Commerce dimana pemerintah menyediakan layanan ke para warganya melalui berbagai teknologi EC.
9. Perdagangan Mobile (mobile commerce m commerce)
E-Commerce yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel.
 

1 comment :

  1. Slot machines at Harrah's Casino Kansas City - JTHub
    For the latest slot 제주도 출장마사지 machine games, download the game at 제주도 출장마사지 Harrah's Casino Kansas City 경상북도 출장안마 at Kansas City, the only 광양 출장마사지 place to 진주 출장안마 play the newest video slots.

    ReplyDelete